LAPORAN
KUNJUNGAN
BANK
Disusun
Oleh :
Nia
Agustina (14/X-2)
SMK
N 1 KARANGANYAR
TAHUN
PELAJARAN 2014/2015
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji syukur atas kehadirat Tuhan
Yang Maha Esa atas berkah dan rahmatnya sehingga kami bisa menyelesaikan laporan
ini tepat pada waktunya.
Laporan ini dibuat untuk memudahkan para pembaca
mengetahui tentang kegiatan kegiatan yang dilakukan di bank beserta para
petugasnya
Kami penyusun sadar bahwa masih banyak kekurangan
dalam pembuatan laporan ini,dan kami mohon kepada para pembaca untuk memberikan
kritik dan saran terhadap laporan ini agar kami dapat memperbaiki dalam
pembuatan laporan selanjutnya.
Karanganyar, Mei 2015
Salam
penyusun
DAFTAR
ISI
Kata pengantar ................................................................................
02
Daftar isi .........................................................................................
03
BAB I
Pendahuluan ...............................................................................
04
BAB II
Petugas-petugas di Bank
............................................................ 05
Kegiatan kegiatan di
Bank.......................................................... 06
Suku bunga di Bank....................................................................
07
BAB III
Penutup.......................................................................................
08
BAB
1
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Untuk mengetahui tentang kegiatan kegiatan di bank, kita perlu mengamati
sendiri dan bertanya-tanya mengenai suatu bank. Dengan mengamati dan bertanya
langsung, kita dapat mengetahui dan lebih memahami tentang kegiatan apa saja
yang ada di bank.
Kegiatan pengamatan ini kami
lakukan atas himbauan dari guru kami dan melaporkannya dalam bentuk laporan
seperti ini, sehingga selain untuk tujuan tugas sekolah, kegiatan ini sangan
bermanfaat bagi kami.
B. RUMUSAN MASALAH
1. Petugas
yang bekerja di bank beserta tugas – tugasnya
2. Kegiatan
apa saja yang dilakukan di bank
3. Suku
bunga bank BRI
C. TUJUAN
Untuk menambah pengetahuan kita
tentang bank, mulai dari petugas yang ada di bank, keguatan operasional di
bank, ataupun suku bunga pada bank tersebut. Paling tidak dengan membaca
laporan sederhana ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita.
BAB
II
PEMBAHASAN
Tempat kunjungan : BANK BRI Karanganyar Jl. Lawu
Barat No. 391
Waktu kunjungan : Kamis,16 April 2015 ,pukul 14.00
WIB
Isi laporan :
· Petugas
– petugas Bank beserta tugasnya:
a. Teller
: terima masuk uang / melayani semua transaksi / pinjaman
b. Customer
service : melayani nasabah,penawaran modal,pelayanan nasabah
c. Satpam
: menjaga keamanan pada Bank tersebut
d. Office
Boy (OB) : melayani petugas bank
e. Supervisior
: mengawasi kegiatan operasional di bank
f. Kepala
unit : memimpin kegiatan operasional di BRI
· Kegiatan
– kegiatan yang dilakukan di bank antara lain:
a. Menyimpan
uang dari masyarakat
b. Menyediakan
pelayanan untuk barang – barang berharga,seperti:safe deposit box,bank
notes,travellers cheque dll
c. Memberikan
pinjaman kepada masyarakat berupa kredit
d. Transfer
uang
e. Mengatasi
permasalahan ATM blokir
f. Penarikan
tabungan
g. Menyediakan
mekanisme dana alat pembayaran yang lebih efisien dalam kegiatan ekonomi
h. Menyediakan
jasa jasa keuangan lain , seperti deposito
i. Menyediakan
fasilitas untuk perdagangan internasional
j. Menyediakan
jasa jasa pengelolaan dana
· Suku
bunga bank BRI tahun 2015
Ø Deposito
1. 1
bulan = 4,5% /th
2. 3
bulan = 7,5% /th
3. 6
bulan = 7,75% /th
4. 12
bulan = 7% /th
5. 24
bulan = 6,5% /th
Ø BRITAMA
1. 0
– 500 ribu = 0,7%
2. 500
ribu – 5 juta = 1%
3. 5
juta – 50 juta = 1%
4. 50
juta – 100 juta = 1,25%
5. 100
juta – 1 M = 1,5%
6. >
1 M = 2,25%
Ø GIRO
1. 0
– 5 juta = 0% /th
2. 5
juta – 25 juta = 0% /th
3. 25
juta – 100 juta = 1% /th
4. 100
juta – 1 M = 1,5% /th
5. >
1 M = 2%
Ø SIMPEDES
1. 0
– 500 ribu = 0% /th
2. 500
ribu – 5 juta = 1% / th
3. 5
juta – 50 juta = 1% /th
4. 50
juta – 100 juta = 1,25% /th
5. >
100 juta = 1,75% /th
BAB
III
PENUTUP
A.
SARAN
Bahwa setiap Bank
berkewajiban untuk menjaga kerahasiaan setiap nasabahnya dan juga harus
bertanggung jawab serta dapat dipercaya.
Bank juga harus
meningkatkan pelayanan terhadap nasabah supaya kesejahteraan masyarakat
terutama nasabah pada Bank tersebut dapat terjamin
B.
KESIMPULAN
Setiap bank memiliki
petugas petugas yang terdiri dari, contohnya Teller,Customer service,dll yang memiliki tugas dan wewenang masing
– masing. dan memiliki kegiatan yang berbeda pada setiap bagiannya.
Bank melayani berbagai
transaksi dari masyarakat antara lain, misalnya menyimpan uang, mentransfer
uang ke bank lain.
Dan Bank juga memberikan bunga
kepada masyarakat yang menyimpan uang / hartanya di bank. Bunga tersebut
bisa saja mengalami perubahan setiap bulannya sesuai peraturan pusat Bank
tersebut. dan juga masing masing Bank memiliki ketentuan bunga yang berbeda
beda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar