Selasa, 09 Juni 2015

Laporan Kunjungan Bank



LAPORAN
KUNJUNGAN BANK

Disusun Oleh :
Nia Agustina      (14/X-2)



SMK N 1 KARANGANYAR
TAHUN PELAJARAN 2014/2015


KATA PENGANTAR

Dengan mengucapkan puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkah dan rahmatnya sehingga kami bisa menyelesaikan laporan ini tepat pada waktunya.
Laporan ini dibuat untuk memudahkan para pembaca mengetahui tentang kegiatan kegiatan yang dilakukan di bank beserta para petugasnya
Kami penyusun sadar bahwa masih banyak kekurangan dalam pembuatan laporan ini,dan kami mohon kepada para pembaca untuk memberikan kritik dan saran terhadap laporan ini agar kami dapat memperbaiki dalam pembuatan laporan selanjutnya.







Karanganyar, Mei 2015


                                                                             Salam penyusun


DAFTAR ISI
Kata pengantar ................................................................................ 02
Daftar isi ......................................................................................... 03
BAB I
Pendahuluan ............................................................................... 04
BAB II
Petugas-petugas di Bank ............................................................ 05
Kegiatan kegiatan di Bank.......................................................... 06
Suku bunga di Bank.................................................................... 07
BAB III
Penutup....................................................................................... 08









BAB 1
PENDAHULUAN

A.  LATAR BELAKANG
     Untuk mengetahui tentang kegiatan kegiatan di bank, kita perlu mengamati sendiri dan bertanya-tanya mengenai suatu bank. Dengan mengamati dan bertanya langsung, kita dapat mengetahui dan lebih memahami tentang kegiatan apa saja yang ada di bank.
      Kegiatan pengamatan ini kami lakukan atas himbauan dari guru kami dan melaporkannya dalam bentuk laporan seperti ini, sehingga selain untuk tujuan tugas sekolah, kegiatan ini sangan bermanfaat bagi kami.

B.  RUMUSAN MASALAH
1.    Petugas yang bekerja di bank beserta tugas – tugasnya
2.    Kegiatan apa saja yang dilakukan di bank
3.    Suku bunga bank BRI

C.  TUJUAN
Untuk menambah pengetahuan kita tentang bank, mulai dari petugas yang ada di bank, keguatan operasional di bank, ataupun suku bunga pada bank tersebut. Paling tidak dengan membaca laporan sederhana ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita.



BAB II
             PEMBAHASAN

Tempat kunjungan : BANK BRI Karanganyar Jl. Lawu Barat No. 391
Waktu kunjungan : Kamis,16 April 2015 ,pukul 14.00 WIB
Isi laporan           :
·       Petugas – petugas Bank beserta tugasnya:
a.     Teller : terima masuk uang / melayani semua transaksi / pinjaman
b.     Customer service : melayani nasabah,penawaran modal,pelayanan nasabah
c.      Satpam : menjaga keamanan pada Bank tersebut
d.     Office Boy (OB) : melayani petugas bank
e.      Supervisior : mengawasi kegiatan operasional di bank
f.       Kepala unit : memimpin kegiatan operasional di BRI










·       Kegiatan – kegiatan yang dilakukan di bank antara lain:
a.     Menyimpan uang dari masyarakat
b.    Menyediakan pelayanan untuk barang – barang berharga,seperti:safe deposit box,bank notes,travellers cheque dll
c.     Memberikan pinjaman kepada masyarakat berupa kredit
d.    Transfer uang
e.     Mengatasi permasalahan ATM blokir
f.      Penarikan tabungan
g.     Menyediakan mekanisme dana alat pembayaran yang lebih efisien dalam kegiatan ekonomi
h.    Menyediakan jasa jasa keuangan lain , seperti deposito
i.       Menyediakan fasilitas untuk perdagangan internasional
j.       Menyediakan jasa jasa pengelolaan dana












·       Suku bunga bank BRI tahun 2015
Ø Deposito
1.    1 bulan                          = 4,5% /th
2.    3 bulan                          = 7,5% /th
3.    6 bulan                          = 7,75% /th
4.    12 bulan                       = 7% /th
5.    24 bulan                       = 6,5% /th
Ø BRITAMA
1.    0 – 500 ribu                 =  0,7%
2.    500 ribu – 5 juta          = 1%
3.    5 juta – 50 juta             = 1%
4.    50 juta – 100 juta        = 1,25%
5.    100 juta – 1 M             = 1,5%
6.    > 1 M                            = 2,25%
Ø GIRO
1.    0 – 5 juta                      = 0% /th
2.    5 juta – 25 juta             = 0% /th
3.    25 juta – 100 juta        = 1% /th
4.    100 juta – 1 M             = 1,5% /th
5.    > 1 M                            = 2%         
Ø  SIMPEDES
1.    0 – 500 ribu                 = 0% /th
2.    500 ribu – 5 juta          = 1% / th
3.    5 juta – 50 juta             = 1% /th
4.    50 juta – 100 juta        = 1,25% /th
5.    > 100 juta                     = 1,75% /th




BAB III
PENUTUP
A.  SARAN
Bahwa setiap Bank berkewajiban untuk menjaga kerahasiaan setiap nasabahnya dan juga harus bertanggung jawab serta dapat dipercaya.
Bank juga harus meningkatkan pelayanan terhadap nasabah supaya kesejahteraan masyarakat terutama nasabah pada Bank tersebut dapat terjamin
B.   KESIMPULAN
Setiap bank memiliki petugas petugas yang terdiri dari, contohnya Teller,Customer service,dll yang memiliki tugas dan wewenang masing – masing. dan memiliki kegiatan yang berbeda pada setiap bagiannya.
Bank melayani berbagai transaksi dari masyarakat antara lain, misalnya menyimpan uang, mentransfer uang ke bank lain.
 Dan Bank juga memberikan  bunga  kepada masyarakat yang menyimpan uang / hartanya di bank. Bunga tersebut bisa saja mengalami perubahan setiap bulannya sesuai peraturan pusat Bank tersebut. dan juga masing masing Bank memiliki ketentuan bunga yang berbeda beda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar